Teman Si Mentah

mappadoSalah satu cara tergampang untuk mengkonsumsi raw food buat saya yang pemula, adalah dengan membuat salad. Ada beberapa teman menanyakan, apa dressing-nya beli yang sudah jadi aja di swalayan dalam kemasan botolan. Kan banyak…. Err, awal-awal sih iya, saat persepsi masih ‘yang penting mentah’. Tapi lama-lama tau bahwa itu malah menghilangkan segala kebaikan si mentah, saya pun stop melakukan itu . Sila google aja deh why the do and the don’t, wong saya bukan ahli. Mau maen jelasin, ntar saya dibilang sok pinter lagi. Atau pencitraan *buahahahah*

(etapi saya tuh bukan expert loh yaaa, dan masih suka bandel juga gak melulu jadi kambing 😀 )

Worry not, we can have easy -peasy salad dressing. Salah satu penyelemat saya adalah: campuran perasan lemon, extra virgin olive oil, Bragg apple cider vinegar, garam dan sejumput gula.  Kadang saya kasih kecap ikan to get the vietnamese taste yang asam-kecut-segar. Atau campuran: yogurt plain, perasan lemon, garam dan gula, kasih sedikit saus Inggris.

Atau bisa juga bikin mango sauce seperti foto dibawah. Mix mango puree, kusamba salt, pepper, one small spoon of mayo, tad of mustard dijon to bring flavour, splash with extra virgin olive oil.  Supaya gak bingung sih, bisa beli buku resep khusus saus dan dressing. Ada kok di toko buku.

316821_10151176787223658_1001486409_nCara lainnya (kalau kepepet 😀 ), saya suka beli dressing di Food Hall dalam kemasan plastik kecil yang sekali pakai. Jangan nafsu beli sekaligus banyak, berhubung gak pake pengawet, daya tahan dressing Food Hall in hanya maksimal 1-2 minggu di kulkas. Tapi pilihannya banyak, dari mulai mayonnaise , thousand island, sampai italian vinaigrette.

Sometimes I made raw soup. Dengan catatan, kalau lagi gak malas dan gak keburu-buru mau berangkat kerja (banyakan sih malasnya itu. Hihihihi) Resep mudah bisa tanya mbah google. Atau mampir kesini.

Misalnya: alpukat, campur timun, 1 batang seledri, bawang putih, perasan lemon, extra virgin olive oil, garam, gula dan italian herbs to add taste. Banyak resep raw soup pakai cashew nut, nah berhubung gak selalu punya stok, pakai apa? Kemiri! Iya, kemiri yang sudah digongseng tanpa minyak, di blender dengan  bahan lain. Raw soup bukan berarti gak boleh dimasak loh. Boleh aja dipanasin sebentar diatas kompor sambil diaduk, hanya untuk menghangatkan. Karena pemanasan berlebihan akan mematikan enzyme yang jadi alasan kenapa kita mengkonsumsi raw food,

avocado

Terus terang, yang susah itu konsistennya *peluh*. Saya memang mengusahakan dalam sehari minimal sekali makan si mentah-mentah ini selain sarapan full buah. Namun saya juga masih mengkonsumsi makanan yang diproses. Moderate aja. Meski udah gak nyetok smoked beef atau sosis, tapi alau kebeneran makan diluar dan lagi kepingin sandwich smoked beef, ya makan juga. Toh sesekali, I have my cheating times. *tabokblender* . Terutama saat harus berangkat keluar kota. Nah, dapet salam dari off konsumsi si mentah-mentah *toyor*

So I must say, it takes commitment. To be healthy is a choice. And I sometimes break my own commitment, even for a daily intake of bowl of raw. *grin*

Not a good example, I know. #nyeburkejurang

404388_10150563825403658_472736282_n

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s