Kamu Bukan Pilihan, Nak…

Dalam hidup, selalu ada sisi positif. Itu yang selalu saya (coba) percaya. Meski terkadang mungkin kesadaran itu tidak selalu langsung mengemuka. Bisa jadi sehari kemudian, seminggu, atau sebulan kemudian.

Kali ini tentang apa?

20151011_074940

Tentang bagaimana setelah si mantan pacar bekerja di luar kota sejak Februari lalu, dan justru ada kebaikan tersembunyi. Tentu bukan hal mudah, tanpa ada si mantan pacar yang biasa menjadi sparring partner berbagai urusan, dari tetek bengek rumah tangga, hingga anak. Namun perlahan, tanpa disadari saya justru semakin dekat dengan Shira. Saya merasa justru semakin ingin terus bersama dia, sebisa mungkin.  Di tengah jadwal pekerjaan yang memang juga sejak akhir tahun lalu kian bertambah bebannya. Meski satu hal, saya beruntung mencintai sepenuh hati apa yang saya kerjakan. With its ups and downs. I really do! 

20151003_114127

Namun saya ingin di waktu luang, saya menjalankan sepenuh hati kebersamaan dengan Shira. Menjalankan aktivitas menyenangkan bersama dia saja. Berburu buku. Mampir ke museum. Menghabiskan senja di taman. Menikmati kue coklat pekat dan secangkir teh di kedai favorit. Memanggang kue. Berenang. Atau kegiatan tak bermakna sesederhana berada di rumah, menonton TV and talking about nonsense. Si gadis cilik yang kini meretas jalan menuju setengah dewasa, dengan segudang pertanyaan dan kesukaan yang berkembang dan terus berkembang. She is growing and evolving.

Mungkin saya bukan orang pertama yang akan menyaksikan perkembangan dia saat saya tengah bekerja melakukan hal yang saya cinta, tapi saya ingin kami bisa berbagi kenangan. Saya ingin dia ingat kapan kami tertawa berdua, tertawa terbahak-bahak saat dengan konyol mendengarkan lagu Ariana GRande kesukaannya.  Saya ingin kami memiliki kenangan indah saat kami saling berkisah tanpa makna di depan televisi saat kami berdua belum mandi di akhir pekan. Atau saat saya memandikan dia usai berenang, lalu kami saling menyisir rambut yang basah oleh air kolam. Saya ingin ada kenangan bermakna mengenai hal sederhana yang kami lakukan berdua.

IMG-20151011-WA0020

Tapi sebagai orang yang mencintai banyak hal dan menikmati melakukan banyak hal (yoga, memasak hingga Nyai) tentunya jauhnya si mantan pacar membuat energi yang biasa terbagi dua antara saya dan dia, kini mau tak mau harus saya tangani sendiri. Termasuk urusan waktu dan perhatian untuk Shira. Sampailah saya di satu titik, dimana saya sadar bahwa waktu sudah berjalan sedemikian cepat. Ada satu-dua kejadian, dimana saya sadar saya perlu lebih banyak bersama dia tanpa terganggu hal yang memecah konsentrasi dan energi. Meski tentunya sejak dahulu juga saya sadar, bekerja adalah nafas untuk saya. Bekerja sejak dulu adalah pilihan yang membuat saya bahagia.

Jika saya sebagai ibu melakukan dan mengerjakan hal-hal yang saya cintai, happy mom creates happy child, toh?

Tapi tentu saja, dengan waktu yang berjalan demikian cepat, kemudian ada pilihan-pilihan yang harus saya putuskan. Saya tetapkan. Pun kemudian, tanpa alasan rumit saya memutuskan menunda segala urusan soal Nyai . Meski itu adalah hobi yang menyenangkan dan saya banyak mendapat berkah melaluinya. Teman baru, kenalan baru, jendela baru dan lain sebagainya. Meski kemudian ada yang menyayangkan kenapa pilihan itu dijalankan karena membangun hobi satu ini hingga bisa menapak langkah kecil, juga bukan hal mudah.

20150905_105940

Namun toh tak ada alasan yang kompleks di balik semua itu. Pilihan diambil demi waktu yang terasa terlalu cepat berlalu ketika bersamanya. Si anak kecil, matahari Ibu. Tidak terasa berat mengambil pilihan, pun bukan terasa sebagai pengorbanan. Karena anak bukan pilihan, tapi bagian hidup yang akan selalu membahagiakan. Selalu menghangatkan. Dan itu adalah kamu, anakku sayang….

4 thoughts on “Kamu Bukan Pilihan, Nak…

Leave a Reply

