Jujur

Ibu dan Bapak selalu mengajarkan tentang kejujuran. Dan itu buat aku dan adikku, artinya luas. Jujur pada perasaan. Jujur pada keinginan. Jujur pada diri sendiri. Jujur pada hati nurani . Jujur gak mengambil yang bukan hak.

Doa mereka juga yang senantiasa dihembuskan, yang menjaga aku sampai detik ini, untuk gak pernah mengambil yang bukan hak. Bahkan berhutang sama orang juga, alhamdulilah gak pernah dilakukan hingga detik ini. Se-kantong kempes apapun, rejeki romantis itu Alhamdulilah selalu ada, tanpa berhutang. Dan itu semua, yang membuat aku tidur nyenyak, menjalani hidup tanpa beban karena takut ketahuan dan terbongkar belangnya. Tidur nyenyak, karena gak berkonspirasi sama siapapun untuk mengutip yang bukan hak. Tidur nyenyak karena gak dikejar penagih hutang. Tidur nyenyak tanpa khawatir ada yang ‘bernyanyi’.  Tidur nyenyak karena rejeki romantis yang menenangkan dan membahagiakan. Tidur nyenyak karena gak harus menutupi banyak rahasia.

Ibu dan Bapak  juga selalu bilang, jangan pernah berhutang budi sama orang. Jangan meminta-minta. Biarkan Tuhan yang membolak-balik keadaan.  Kehidupan kamu adalah tanggung jawabmu, jangan bergantung belas kasihan pada orang untuk menjalani kehidupanmu. Itu yang selalu mereka bilang.

Itu juga yang membuat hidup aku tanpa beban pada orang lain. Tanpa rasa takut jika rahasia ketahuan. Karena semua adalah hasil keringat sendiri. Bukan pemberian, bukan belas kasihan, bukan hasil merengek dan meminta. Termasuk dari orangtua.

Sekeras itu aku pada diriku sendiri. Karena aku percaya, honesty is the first chapter in the book of wisdom. Begitu kata si Thomas Jefferson.  Dan sesulit apapun tantangannya,  ada doa orangtua yang menjadi peneguh dan penerang jalanku. Dan itulah, sumber kekuatanku.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s